Judul Buku : Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan
Pengarang : Prof.
Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D
Tahun Terbit, Edisi :
2017, Edisi Pertama
Penerbit :
UNY Press
ISBN :
978-602-5566-11-0
Jumlah Halaman : 95
halaman
Gambar 1: Sampul Buku |
B. Pembahasan
Buku yang berjudul Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan ditulis oleh Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D, seorang dosen Pendidikan Teknik Informatika FT dan Pascasarjana UNY. Buku ini terdiri dari lima bab, yaitu Bab 1: Multimedia; Bab 2: Prinsip Multimedia Pembelajaran; Bab 3: Multimedia Pembelajaran Interaktif; Bab 4: Pengembangan MPI; dan Bab 5: Evaluasi Multimedia. Kajian ini akan membahas kelebihan dan kekurangan buku ditinjau dari masing-masing bab.
Buku yang berjudul Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan ditulis oleh Prof. Herman Dwi Surjono, M.Sc., M.T., Ph.D, seorang dosen Pendidikan Teknik Informatika FT dan Pascasarjana UNY. Buku ini terdiri dari lima bab, yaitu Bab 1: Multimedia; Bab 2: Prinsip Multimedia Pembelajaran; Bab 3: Multimedia Pembelajaran Interaktif; Bab 4: Pengembangan MPI; dan Bab 5: Evaluasi Multimedia. Kajian ini akan membahas kelebihan dan kekurangan buku ditinjau dari masing-masing bab.
1. Bab 1: Multimedia
Bahasan pada bab pertama ini cukup luas, yaitu mengenai multimedia secara umum. Bab ini terdiri dari 8 sub-bab yang meliputi pendahuluan, pengertian multimedia, elemen multimedia, penyajian multimedia, alat membuat multimedia, distribusi multimedia, pemanfaatan multimedia, dan ringkasan.
Bahasan pada bab pertama ini cukup luas, yaitu mengenai multimedia secara umum. Bab ini terdiri dari 8 sub-bab yang meliputi pendahuluan, pengertian multimedia, elemen multimedia, penyajian multimedia, alat membuat multimedia, distribusi multimedia, pemanfaatan multimedia, dan ringkasan.
a. Kelebihan
- Bahasa yang digunakan mudah dipahami.
- Urutan materi runtut dari pendahuluan hingga ringkasan.
b. Kekurangan
2. Bab 2: Prinsip Multimedia Pembelajaran
Gambar 2: Kekurangan Bab 1 (belum ada penomoran gambar) |
- Belum ada penomoran tabel dan gambar (Misal: Tabel 1 & 2, Gambar 1, & 2).
- Kualitas tabel dan gambar masih dapat ditingkatkan.
Gambar 3: Kekurangan Bab 1 (kualitas tabel dan gambar dapat ditingkatkan) |
2. Bab 2: Prinsip Multimedia Pembelajaran
Bahasan pada bab kedua adalah mengenai prinsip multimedia pembelajaran. Bab ini terdiri dari 5 sub-bab yaitu pendahuluan, teori kognitif multimedia pembelajaran, prinsip multimedia pembelajaran, aspek multimedia pembelajaran, dan ringkasan.
a. Kelebihan
- Bahasa yang digunakan mudah dipahami.
- Urutan materi runtut dari pendahuluan hingga ringkasan.
- Cakupan materi yang dibahas cukup luas dan lengkap.
b. Kekurangan
Gambar 4: Kekurangan pada Bab 2 |
- Satu gambar sudah memiliki identitas (Gambar 1), namun gambar-gambar selanjutnya belum memiliki identitas.
- Penjelasan prinsip multimedia pembelajaran sangat singkat dan padat. Pembahasan lebih lanjut mengenai hasil penelitian di setiap prinsip ditunjukkan dengan grafik atau gambar (tidak ada penjelasannya).
3. Bab 3: Multimedia Pembelajaran Interaktif
Bahasan pada bab selanjutnya adalah multimedia pembelajaran interaktif. Bab ketiga ini terdiri dari 7 sub-bab yang meliputi pendahuluan, pengertian MPI, level interaktivitas, strategi penyajian MPI, meningkatkan motivasi dalam MPI, komponen MPI, dan ringkasan.
Bahasan pada bab selanjutnya adalah multimedia pembelajaran interaktif. Bab ketiga ini terdiri dari 7 sub-bab yang meliputi pendahuluan, pengertian MPI, level interaktivitas, strategi penyajian MPI, meningkatkan motivasi dalam MPI, komponen MPI, dan ringkasan.
a. Kelebihan
- Bahasa yang digunakan mudah dipahami.
- Urutan materi runtut dari pendahuluan hingga ringkasan.
- Cakupan materi mengenai MPI sudah lengkap.
b. Kekurangan
- Belum ada identitas gambar.
- Kurang tanda titik pada akhir kalimat (pada poin-poin).
Gambar 5: Kekurangan Bab 3 (tanda titik) |
Gambar 6: Kekurangan Bab 3 (identitas gambar) |
4. Bab 4:
Pengembangan MPI
Bahasan pada bab keempat adalah pengembangan multimedia pembelajaran interaktif. Bab ini mencakup 4 sub-bab yang terdiri dari pendahuluan, model pengembangan MPI, pengembangan MPI, dan ringkasan.
a. Kelebihan
- Bahasa yang digunakan mudah dipahami.
- Urutan materi runtut dari pendahuluan hingga ringkasan.
- Cakupan materi yang dibahas lengkap.
b. Kekurangan
- Kualitas gambar bisa ditingkatkan.
- Tidak ada identitas gambar.
Gambar 7: Kekurangan Bab 4 (kualitas dan identitas gambar) |
5. Bab 5: Evaluasi Multimedia
Bab terakhir pada buku ini adalah mengenai evaluasi multimedia. Bab ini terdiri dari 5 sub-bab yang meliputi pendahuluan, kriteria kualitas MPI, evaluasi formatif, evaluasi sumatif, dan ringkasan.
a. Kelebihan
- Bahasa yang digunakan mudah dipahami.
- Urutan materi runtut dari pendahuluan hingga ringkasan.
- Cakupan materi yang dibahas lengkap.
b. Kekurangan
- Kualitas gambar bisa ditingkatkan.
- Tidak ada identitas gambar.
Gambar 8: Kekurangan Bab 5 (kualitas dan identitas gambar) |
Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari buku Multimedia Pembelajaran Interaktif. Secara keseluruhan, buku ini sudah sangat baik. Buku ini mencakup materi-materi yang dibutuhkan untuk perkenalan mengenai Multimedia Pembelajaran Interaktif. Kekurangan dalam buku ini hanya terletak pada kualitas dan identitas gambar yang belum dicantumkan. Untuk cakupan materi sudah lengkap. Sebagai saran, mungkin dapat ditambahkan bab yang membahas tentang macam-macam software untuk membuat MPI dan jenis-jenis format akhir MPI.
------------------------
Kajian buku ini ditulis untuk tugas Multimedia Pembelajaran.
Ambar Fidianingsih
Teknologi Pembelajaran B
PPs UNY
No comments:
Post a Comment