Tuesday, September 3, 2019

[Video] The Legend of Bujang Jambi

Halo semuanya! Apa kabar? Di postingan ini penulis akan membagikan pengalamannya saat mengikuti kelas Desain Pesan Pembelajaran. Untuk tugas akhirnya, penulis mendapatkan tugas untuk menganalisis ragam pengetahuan sebuah produk pembelajaran dan mengubah pesan pembelajaran tersebut ke dalam bentuk produk pembelajaran lainnya.

Penulis memutuskan untuk memilih sebuah buku cerita bahasa Inggris untuk anak-anak yang mengangkat legenda Bujang Jambi. Atas dasar beberapa alasan, penulis memilih untuk mengubah teks cerita tersebut ke dalam bentuk video. 

Buku The Legend of Bujang Jambi terdiri dari beberapa bagian utama yang meliputi cerita, glossary, notes on telling stories, dan list of irregular verbs. Detail informasi buku ini ditunjukkan sebagai berikut.

Judul: The Legend of Bujang Jambi

Penulis: Slamet Riyanto
Penerbit: Pustaka Pelajar
Tahun Terbit: 2008
Tingkat Pengguna: siswa Sekolah Dasar hingga Sekolah Menengah Pertama
Jumlah Halaman: 66


Ragam pengetahuan yang terdapat pada buku The Legend of Bujang Jambi antara lain fakta, konsep, dan prinsip. Produk tersebut diubah dari bentuk cetak ke audio-visual pada bagian cerita utama dengan pertimbangan level pengguna (SD) dan pesannya yang berupa peristiwa berurut sehingga lebih efektif disajikan dalam bentuk audio-visual.

Karena belum memiliki pengalaman yang cukup dalam mengedit, yah penulis membuat videonya dengan ala kadar saja hehe. Penulis memanfaatkan aplikasi Oppadoll dan corel draw untuk membuat ilustrasi karakter tokoh. Selain itu, penulis juga menggunakan beberapa gambar dari Freepik untuk bagian latar belakang cerita. 

Berikut ini adalah video hasilnya. Selamat menyaksikan!


No comments:

Post a Comment