Saturday, October 20, 2018

MULTIMEDIA DALAM PEMBELAJARAN TEKS BAHASA INGGRIS: PENGEMBANGAN DAN PENERAPANNYA


Gambar 1: Multimedia Bahasa Inggris oleh Riana dan Gafur (2015)

Pengantar
Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional yang menjadi mata pelajaran wajib di tingkat sekolah menengah. Masih tergolong sebagai bahasa asing, pelajaran bahasa Inggris di sekolah sering menimbulkan permasalahan-permasalahan belajar. Permasalahan itu bisa berasal dari sumber, proses belajar, fasilitas atau bahkan dari dalam siswa itu sendiri yang berkaitan dengan motivasi. Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, salah satu cara yang digunakan untuk menyiasati permasalahan tersebut adalah dengan menggunakan multimedia. Salah satu bahan materi yang sering dikembangkan menjadi multimedia ialah materi mengenai jenis-jenis teks bahasa Inggris untuk kemampuan membaca dan menulis.


Alasan Menggunakan Multimedia
Multimedia dapat didefinisikan sebagai penyajian informasi dengan menggunakan perpaduan bentuk media (Schwartz & Beichner dalam Gilakjani, 2012). Multimedia menyajikan perpaduan antara media gambar, teks, suara, dan video sehingga membuat penggunanya memproses informasi dengan lebih baik daripada tanpa menggunakan mltimedia (Mayer dalam Gilakjani, 2012). Multimedia dinilai dapat memaksimalkan proses dan hasil pembelajaran apabila digunakan dengan cara dan dalam situasi yang tepat. Ada beberapa alasan yang melandasi penggunaan multimedia dalam pembelajaran. Berikut ini adalah tiga alasan dan situasi yang menjadikan keberhasilan pembelajaran dengan multimedia.
1. Siswa memiliki motivasi yang rendah dalam belajar.
Mengatasi siswa yang memiliki motivasi rendah harus dilakukan dengan cara membuatnya tertarik dengan pembelajaran. Perpaduan dari gambar, suara, dan teks yang tercakup dalam multimedia dapat menarik perhatian siswa sehingga perhatian mereka terfokus pada materi (Tan & Leong dalam Gilakjani, 2012).
2. Multimedia didesain sesuai dengan prinsip-prinsipnya.
Penggunaan multimedia belum tentu membuat pembelajaran berjalan efektif, terutama apabila desain multimedia tersebut tidak sesuai dengan prinsip-prinsipnya. Beberapa prinsip kunci dari multimedia adalah prinsip penyajian multimedia, prinsip keterdekatan, prinsip koherensi, dan prinsip pembagian perhatian (Mayer dan Mareno dalam Gilakjani, 2012).
3. Siswa memiliki pengetahuan terdahulu dan kecerdasan spasial yang rendah.
      Multimedia dapat membantu siswa dengan pengalaman belajar terdahulu yang rendah dengan cara membuatnya mengembangkan model secara mental dan menghubungkannya dengan pengetahuan yang baru. Siswa lebih dapat memvisualisasikan pengetahuan dan belajar lebih dari visualisasi tersebut (Mayer dan Mareno dalam Gilakjani, 2012).
      Selaras dengan pernyataan di atas, Pun (2013) menyatakan ada tujuh keuntungan dari penggunaan multimedia dalam pembelajaran, yaitu (1) memotivasi siswa untuk belajar bahasa Inggris, (2) mengembangkan kompetensi komunikasi siswa, (3) memperluas pengetahuan siswa mengenai budaya di daerah berbahasa Inggris, (4) meningkatkan keefektifan pengajaran, (5) meningkatkan interaksi antarsiswa dan antara guru-siswa, (6) membuat lingkungan pembelajaran di kelas kondusif, dan (7) menyediakan kesempatan untuk pengajaran bahasa Inggris di luar kelas.

Pengembangan Multimedia untuk Pembelajaran Teks Bahasa Inggris
    Multimedia untuk pembelajaran teks bahasa Inggris dapat dikembangkan dalam berbagai macam bentuk. Misalnya, video animasi dapat digunakan untuk pembelajaran teks narrative atau recount. Digital talking book juga dapat digunakan untuk pembelajaran teks narrative. Untuk multimedia interaktif dapat digunakan untuk pembelajaran hampir semua teks meliputi descriptive text, short-functional text, recount text, maupun report text.
      Pengembangan multimedia harus melewati beberapa tahap tergantung dari model pengembangan yang digunakan. Misalnya, Riana dan Gafur (2015) mengembangkan multimedia interaktif untuk pembelajaran teks deskriptif dengan menggunakan model yang diadaptasi dari perpaduan model Dick & Carey dan Borg & Gall. Tahap-tahap tersebut meliputi analisis kebutuhan, desain pembelajaran, pengembangan produk, validasi, dan revisi produk. Niah dan Ismaniati (2015) mengembangkan multimedia interaktif untuk pembelajaran functional text dengan model dari Alessi & Trollip yang meliputi planning, design, dan development. Dengan model yang sama yaitu Allesi dan Trolip, Jumasa dan Surjono (2016) juga mengembangkan multimedia interaktif untuk pembelajaran teks recount.

Penerapan Penggunaan Multimedia dalam Pembelajaran Teks Bahasa Inggris
      Menggunakan multimedia dalam pembelajaran teks bahasa Inggris berarti guru harus siap dengan perannya yang berbeda dengan pembelajaran biasa. Dalam penerapannya, ada beberapa peran guru yang dapat dilakukan ketika melakukan pembelajaran menggunakan multimedia. Beberapa peran tersebut meliputi fasilitator dan pemandu, pengintegrasi atau integrator, peneliti, desainer, dan kolaborator (Gilakjani, 2012). Demi memaksimalkan proses pembelajaran, guru harus mempertimbangkan penggunaan peran-peran tersebut.
      Ada banyak penelitian yang membuktikan bahwa penggunaan multimedia dalam pembelajaran teks bahasa Inggris berhasil meningkatkan hasil belajar. Trisanti (2016) mengadakan penelitian eksperimen menggunakan digital talking book untuk membelajarkan teks naratif dengan subjek 80 siswa yang terbagi menjadi grup kontrol dan grup eksprerimen. Hasil dari penelitian tersebut menunjukkan bahwa siswa yang diberi digital talking book menunjukkan peningkatan yang lebih daripada siswa yang hanya diberikan teks sederhana sebagai inputnya.
       Nigngtyas dan Kumalarini (2014) melakukan penelitian eksperimen pembelajaran menulis teks descriptive dengan menggunakan video kartun. Hasil penilitian menunjukkan bahwa siswa sangat menikmati proses pembelajaran selama menggunakan multimedia tersebut. Siswa juga merasa terbantu dengan media tersebut meskipun memiliki beberapa kesulitan dalam hal struktur kalimat, kosakata, dan organisasi. Selain itu, Hartono (2016) juga melakukan penelitian eksperimen untuk mengetahui pengaruh multimedia terhadap pembelajaran membaca teks recount. Hasil penelitian tersebut menujukkan bahwa multimedia meningkatkan motivasi belajar siswa dan meningkatkan skor membacanya.

Sumber-Sumber

Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan
Jumasa, M. A., & Surjono, H.D. 2016. "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris untuk Pembelajaran Teks Recount di MTsN II Yogyakarta". Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 3 (1), 25-39.
Niah, S., & Ismaniati, C. 2015. "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Bahasa Inggris Materi Functional Text bagi Siswa SMP N 3 Kalasan". Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2 (2), 121-131.
Riana, E., & Gafur, A. 2015. "Pengembangan Multimedia Interaktif Pembelajran Materi Teks Deskriptif untuk Siswa SMP/MTs". Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 2(2), 212-224.

Jurnal Internasional
Gilakjani, A.P. 2012. "A Study on the Impact of Using Multimedia to Improve the Quality of English Language Teaching". Journal of Language Teaching and Research, 3(6), 1208-1215.
Hartono, P.S. 2016. "Improving Reading Fluency of Recount Text through Multimedia Running Text in Grade Eight Students of SMPN 1 Jogonalan in 2015/2016 Academic Year". E-Journal UNY.
Hufron, A., & Trisanti, N. 2016. "English Digital Talking Books as Media to Teach Narrative Writing". Journal of English Language Teaching, 5(2), 1-8.
Ningtyas, A.T.P., & Kumalarini, T. 2014. "The Use of Cartoon Video as a Media to Teach Descriptive Writing Text to the Eighth Graders of Junior High School". E-Journal Unesa, 2(1), 1-6.
Pun, M. 2013. "The Use of Multimedia Technology in English Language Teaching: A Global Perspective". Crossing the Border: International Journal of Interdisciplinary Studies, 1(1), 29-38.

------------------------------------------------------------

Kajian ini ditulis dalam rangka Tugas 2 Pemrograman Komputer Pembelajaran mengenai:
Kajian Pengembangan Multimedia atau Pembelajaran Berbasis Komputer dengan Sumber Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan (3) dan Jurnal Internasional (5)

Nama: Ambar Fidianingsih
NIM   : 18707251024
Kelas : TP B 

No comments:

Post a Comment